✧・゚: Cerpen; FREE ✧・゚:*

 Karya: luna aura


Matahari mulai menunjukan sinarnya, Ersa Azzura gadis manis kelahiran Jakarta 12 Desember 2005 segera bersiap untuk pergi ke sekolah. Gadis itu berjalan menyusuri dapur mencari susu kotak rasa pisang kesukaannya dan segera menuju kamar Emilia. Ersa perlahan membuka knop pintu kamar Emilia menyaksikan Emilia sedang bersiap untuk berangkat bekerja. “Ma, Ersa berangkat sekolah dulu ya,” ucap Ersa. “Ulangan kemarin kamu dapet berapa?” tanya Emilia dingin. Selalu begini keseharian Ersa, selalu dimulai dengan kalimat itu, tidak ada pelukan hangat atau sekadar kecupan di kening untuk putri semata wayangnya. “Dapet 86, Ma,” jawab Ersa pasrah. “Ck, kamu ini emang ga becus, si Sarah aja dapet 90 masa kamu ga bisa,” jawab Emilia ketus. Lagi-lagi dibandingkan, Ersa sangat membenci itu, Ersa tidak mau mengambil pusing, Ersa segera pergi ke sekolah. Atlas sudah menunggu Ersa di depan rumah, duduk di atas motornya, ya Atlas Viridian laki-laki kelahiran Surabaya 18 September 2005 itu sudah menjadi sahabat Ersa sejak duduk di bangku SMP. Atlas memberikan helm putih yang biasa Ersa pakai, “Lo kenapa Sa, kok mukanya cemberut gitu?” tanya Atlas sembari memandang Ersa yang sedang memakai helm putihnya itu. Namun alih-alih menjawab pertanyaan Atlas, Ersa langsung menaiki motor Atlas. 


Atlas melajukan motornya, “Yaela pasti kerjaan si Nenek Lampir lagi ya, udah gue bilang sampe kapan lo mau idup di bawah naungan singo edan itu. Lagian nilai lo masih bagus kok, dapet 86, gue aja dapet 50 gue bangga banggain ke mak gue, hahaha,” ucap Atlas sambil tertawa garing. Ersa hanya mengangguk-angguk mendengarkan omelan Atlas sambil meminum susu kesukaannya. Tak terasa mereka berdua telah sampai di SMA SATYA BANGSA mereka berjalan menelusuri lorong dan tibalah di ruangan XI MIPA 2. Mereka menuju ke dua bangku kosong di belakang ruangan. “Sa, gimana kalo besok kita jalan ala-ala study date mumpung besok libur?” tanya Atlas. “Belajar apa belajar? kamu aja di kelas kerjaannya tidur doang,” jawab Ersa “Hehehe, daripada lo dirumah pemandangan nya buku-buku doang ama si Mak Lampir” jawab Atlas seadanya. “Gabisa Atlas, kayak kamu gatau aja mama gimana orangnya, lagian minggu depan udah UAS, aku harus belajar.” jawab Ersa. “Yakan kita belajar bareng Sa biar gue ketularan pinternya kek.” jawab Atlas memaksa namun Ersa tak menggubrisnya. 


Hari sudah menjelang sore bel sekolah pun berbunyi Ersa dan Atlas segera membereskan buku-buku mereka dan berjalan menuju parkiran. Di perjalanan Atlas membuka pembicaraan “gue tau lo lagi kenapa kenapa gue tau lo berubah semenjak papa lo meninggal,” ucap Atlas dengan merendahkan nada bicaranya. “Gue tau lo capek mendem semua rasa sakit ini sendirian, inget Sa gue selalu ada buat lo gue cuman gamau kejadian itu terjadi lagi. Janji ya sama gue kalo lo harus tetep hidup.” setiap hari Atlas selalu mengucapkan kalimat-kalimat itu. Tak terasa mereka sudah sampai di rumah bernuansa coklat kayu itu, Ersa segera turun dari motor atlas dan melepas helm nya “Sa lo gapapa diemin gue tapi lo gabole lupain janji lo ke gue.” Ersa hanya membalas senyuman tipis di bibir pucatnya lalu berjalan memasuki rumah. Ersa membuka knop pintu rumah terlihat sepi “Mama pasti lembur lagi” ucap Ersa berbisik.Ersa berjalan menuju kamarnya dan segera membersihkan diri. Ersa lalu merebahkan tubuhnya di kasur empuk kesayangan nya, tak terasa mata Ersa semakin berat sampai akhirnya tertutup rapat. “Ersa! Bisa-bisanya kamu jam segini malah tidur!. Gimana kamu bisa kuliah kalo gini caranya!” teriakan melengking ciri khas Emilia tak kunjung membangunkan gadis berkulit pucat itu. Emilia membawa kayu rotan andalannya memukul Ersa dengan kuat agar gadis itu terbangun. “Ersa bangun! Mama ga kasih ampun ya Ersa!” Ersa pun akhirnya terbangun. “Kamu itu males banget sih jadi anak, kamu udah mama kasih enak. Semenjak papa mu meninggal siapa yang cari uang? kamu tinggal belajar apa susah nya.” ketus Emilia “Tapi Ma, Ersa cuma mau istirahat,” jawab Ersa pelan. “Kamu itu dasarnya males pake alasan istirahat-istirahat ga ada istirahat!” jawab Emilia lalu meninggalkan Ersa. Ersa hanya pasrah membuka buku buku tebalnya.


Malam berganti pagi Emilia membuka knop pintu kamar Ersa dengan keras “Ersa bangun!” gadis yang disebutkan namanya pun terbangun “Hari ini hukuman kamu cuci baju! gausa pake tapi-tapi. Mama mau kerja, kamu jaga rumah” titah Emilia lalu menutup keras pintu Ersa. Mau tak mau Ersa pun segera bangkit dan menuruti titah Mamanya. Setelah mencuci baju Ersa segera masuk ke dalam kamarnya, gadis berkulit putih pucat itu duduk di kursi belajarnya sambil memandangi pigura berisikan foto keluarga kecil yang terlihat bahagia “Pa, kenapa ya dunia ini sangat ramai tapi Ersa selalu merasa kesepian. Ersa kangen deh sama Papa pasti Papa udah tenang disana ya? kira kira kalo Ersa nyusul Papa Ersa gabakal kesepian lagi kan? Ersa kayaknya udah ga kuat setiap hari belajar terus, Ersa takut di pukulin Mama lagi kalau nilai ujian ersa jelek,” manik mata Ersa beralih memandangi memar-memar yang ada di tubuhnya, air mata yang terbendung sekarang lolos membasahi pipi Ersa. “Tiga tahun Papa ninggalin Ersa, selama itu juga Ersa tersiksa,” Ersa berusaha melanjutkan kalimatnya “Boleh kan Pa Ersa nyusul Papa?”


Ersa merobek secarik kertas dan merobeknya lagi menjadi dua mengambil pensil dan menuliskan sesuatu di sana “Buat sahabat terbaik ku Atlas, maafin aku ya Ersa gabisa nepatin janji Ersa. Ersa lemah Ersa gabisa bertahan, makasih banyak buat Atlas yang selalu nemenin Ersa ngertiin Ersa berusaha menghibur Ersa makasih atas semua kenangannya. makasih udah mau jadi sahabat satu satunya Ersa. Nanti kalau Atlas baca surat ini sekalian susu yang ada di sebelah kulkas di ambil ya, takut ga ada yang minum hehe. Sekali lagi makasih ya udah jadi sahabat terbaik Ersa. -Ersa.” tak terasa air matanya sedikit membasahi kertas itu. Ersa melanjutkan ke kertas kedua “Hai Mama, maafin Ersa ya. Maafin Ersa gabisa nemenin Mama, Ersa tau Mama habis ini bakal kesepian. Maafin Ersa juga nilai ujiannya suka jelek. Maafin Ersa ya selama tiga tahun terakhir Ersa nyusahin Mama. Mama sampai rela lembur demi uang sekolah Ersa. Nanti Ersa dikubur di sebelah makam Papa ya Ma. Sekali lagi maaf ya Ma -anak mama Emilia.” pandangan Ersa teralih ke obat-obatan yang sudah Ersa siapkan.


Sehari tanpa Ersa Azzura anak semata wayangnya, Emilia memaksakan dirinya membaca surat peninggalan Ersa. Tak sanggup Emilia membendung air matanya “Mama jahat ya nak, Mama membunuh anak Mama sendiri,” ucap Emilia di sela tangisnya. “Mama cuma pengen Ersa bisa sekolah tinggi sampai Mama ga sadar Mama membunuh anak Mama sendiri, Mama ngga sadar.. Mama menyesal.” tak sanggup Emilia melanjutkan kalimatnya. Di waktu yang sama dengan tempat yang berbeda, Atlas memandangi gundukan tanah yang di taburi bunga. Atlas mengeluarkan 2 kotak susu rasa pisang kesukaan Ersa, meletakan salah satu kotak susu di gundukan tanah tersebut. Sambil meminum susu itu Atlas berbicara “Padahal baru sehari lo ninggalin gue tapi ini serasa setahun Sa, nanti gue berangkat pulang sekolah sama siapa Sa? gue nanti duduk sama siapa Sa? gue udah gabisa ngomelin lo lagi. Lo tau Sa? semenjak lo ninggalin gue dunia serasa ujan tapi ujannya aneh cuman di mata gue doang.” tanpa sadar air mata atlas mengalir begitu saja, tak bisa Atlas berlama lama disitu. Laki laki itu berpamit “Gue juga udah baca surat dari lo gue juga sayang lo tapi ini udah jadi pilihan lo, semoga lo bahagia di kehidupan selanjutnya ya Sa.” Atlas berjalan meninggalkan gundukan tanah tersebut.


Comments

Popular Posts